Wireless Apliccation Protokol

Wireless Apliccation Protokol disingkat WAP adalah sebuah protokol atau sebuah teknik messaging service yang memungkinkan sebuah telepon genggam digital atau terminal mobile yang mempunyai fasilitas WAP, melihat/membaca isi sebuah situs di internet dalam sebuah format teks khusus. Situs internet ini harus merupakan situs dengan fasilitas WAP. WAP dipublikasikan oleh WAP Forum, ditemukan pertama kali oleh Ericsson pada tahun 1997. Motorola, Nokia, dan Unwired Planet juga melakukan hal yang sama. Anggota Forum itu kini beranggotakan lebih dari 90% pasar telepon genggam, software developer dan organisasi yang lain.

Ada beberapa versi WAP antara lain WAP 1.2.1 dan 2.0. WAP 1.2.1 hanya dapat menampilkan laman sederhana saja dibandingkan dengan WAP 2.0 yang mendukung bahasa xhtml dan gambar. WAP di buat pertama kali sebagai protokol komunikasi bergerak yang tidak bergantung pada sistem tertentu. WAP dirancang sebagai bagian dari sistem di masa depan sama halnya dengan Bluetooh dan GPRS. WAP merupakan protokol komunikasi bergerak yang terdiri dari beberapa ”layer” dan dapat dijalankan pada sistem jaringan yang berbeda. Teknologi ini merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka dan berbasis pada standar Internet, serta beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan nirkabel. Teknologi ini bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps.

Keterbatasan Perangkat WAP :

  1. Kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired seperti komputer.
  2. Keterbatasan ukuran memori
  3. Penghematan penggunaan daya (power) yang biasanya menggunakan batere
  4. Ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
  5. Input device yang berbeda dengan device biasa

Disain dari informasi yang dikirimkan melalui WAP biasanya menggunakan format WML (Wireless Markup Language). WML ini mirip HTML, hanya lebih spesifik untuk perangkat nirkabel yang memiliki keterbatasa seperti di atas.

Contoh Penggunaan WAP ;

  • Informasi jadwal keberangkatan penerbangan
  • Transaksi pembelian tiket
  • Pendaftaran keberangkatan pesawat
  • Informasi lalu lintas
  • Daftar informasi kondisi cuaca
  • Informasi nilai stok
  • Mencari informasi nomor telepon atau alamat

Membuat situs WAP
Pada dasarnya membuat situs WAP sama dengan membuat situs biasa. Anda mengupload file-file markup dan gambarnya, dan jika perlu menggunakan skrip/aplikasi web. Perbedaannya adalah, file markup-nya dalam format WML dan bukan HTML/XHTML. Gambar-gambarnya dalam format WBMP dan bukan GIF/JPG/PNG. Selain itu, Anda perlu menambahkan .htaccess di document root Anda, yang isinya sbb;

  • directoryindex index.wml index.html index.php
  • addtype text/x-hdml hdml
  • addtype text/vnd.wap.wml wml
  • addtype text/vnd.wap.wmlscript wmls
  • addtype image/bmp bmp
  • addtype image/vnd.wap.wbmp wbmp

Direktif directoryindex di atas berguna agar jika situs WAP Anda diakses tanpa nama file, mis: http://wap.tokoku.com/ maka index.wml yang ada juga akan dicari dan ditampilkan. Jika tidak, maka akan muncul halaman autoindex Apache (“Index of / …”). Baris-baris berikutnya untuk menambahkan MIME Type WML.

Untuk mengetes situs WAP Anda, bisa menggunakan browser WAP atau simulator WAP phone. Browser Opera dapat menjadi WAP browser. Di Firefox terdapat extension WMLBrowser.

Sumber: Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
sumber : http://blog.semutgeni.net/artikel/169/2010/01/20/wireless-apliccation-protokol.naruto
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Posting Komentar

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan