Fedora

Ada kabar gembira bagi anda para pengguna linux, khususnya distro Fedora. Pada hari selasa 9 Juni 2009 kemarin, Fedora 11 (codename Leonidas) resmi diluncurkan ke publik.

Pada rilis ini, Fedora 11 yang menggunakan kernel 2.6.29, mengklaim mampu memberikan booting time tidak lebih dari 20 detik. Ini sangat berguna bagi mereka yang kadang selalu ingin cepat-cepat menuangkan ide pada laptop tanpa harus menunggu ide mereka hilang karena harus menunggu booting time.

Juga perlu dicatat bahwa Fedora 11 menggunakan Ext4 sebagai filesystem defaultnya. Filesystem baru ini mampu menangani kapasitas storage yang sangat besar, sampai dengan 16 TerraByte, dan disebutkan pula, tidak ada batas untuk subdirektori jika menggunakan Ext4 filesystem.

Fitur baru lainnya adalah Volume Control baru yang mirip dengan Windows 7. Disebut mirip, karena sekarang kontrol volume per aplikasi dapat di atur dalam satu pusat kontrol volume. Dikatakan juga fitur fingerprint telah diterapkan pada rilis ini, sehingga otentifikasi pengguna dapat dilakukan dengan mengenali sidik jarinya.

Fedora 11 menyarankan untuk menginstall presto, yaitu plugin untuk yum yang lebih cerdas dalam hal pemilihan package update. Karena pada rilis sebelumnya, tanpa presto, setiap kali user mengupdate package Fedora, maka yum mendownload keseluruhan package dan menggantinya dengan package baru. Dengan presto, jumlah data yang di download dapat dikurangi, karena data package yang didownload dibandingkan terlebih dahulu dan hanya perubahan package tersebutlah yang didownload, bukan keseluruhan. Ini sangat membantu mereka yang menggunakan internet dengan bandwidth terbatas.

berikut ini ada beberapa modul yang dapat di download :

ModulOpenLDAP.pdf

ModulMailServerwithPostfix.pdf

ModulNetworkTroubleshooting.pdf

ModulDomainNameSystemDNS.pdf

ModulInternetAccess.pdf

Mau coba? anda bisa download Fedora 11 di http://fedoraproject.org/get-fedora


sumber : http://blog.semutgeni.net/artikel/23/2009/09/11/fedora.naruto

Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Posting Komentar

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan