Bahaya Komputer Bagi Mata

Saat ini, komputer benar-benar menjadi kebutuhan utama bagi semua orang. Jika dahulu hanya sebagian orang yang mengerti cara mengoperasikan komputer, saat ini hampir semua orang mengerti cara mengoperasikannya, mulai dari hanya untuk iseng bermain game, mencari teman, bahkan untuk melakukan pekerjaan yang serius.


Namun, harus diketahui bahwa jika kita menghabiskan waktu terlalu lama di depan komputer, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Beberapa akibat negatif pada mata yang disebabkan oleh seringnya berada di depan komputer :


Pancaran radiasi yang disebabkan oleh gelombang beta pada monitor dapat menyebabkan kerusakan pada retina


Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, pancaran radiasi gelombang beta yang ditimbulkan oleh monitor komputer. Perlu diketahui, monitor komputer produksi mulai tahun 2004 telah menyertakan sebuah komponen silikon radioaktif lemah (grup metalloids) yang mampu membuat warna XVGA lebih cerah dengan biaya yang murah.


Pancaran radioaktif ini akan terus aktif hingga meluruh habis selama 20 tahun. Kerusakan pada mata tidak bersifat langsung, tetapi bersifat gradual. Untuk pencegahannya, setiap 3 jam Anda melakukan kegiatan di depan komputer, biasakan Anda untuk mengistirahatkan mata Anda dengan cara menutup mata selama 5 menit.


Tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu gelap tidak baik untuk kesehatan mata


Sebagai informasi, tingkat pencahayaan (brightness) yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah.


Untuk pencegahannya, Anda harus menyesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Anda juga harus menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca dan mata Anda akan menjadi lebih nyaman.


Adanya kelelahan mata, pandangan menjadi kabur, dan mata kering.


Untuk mengatasi hal ini, mata tidak boleh terus-menerus melihat ke arah komputer tanpa pernah diistirahatkan. Sesekali kita harus mengistirahatkan mata kita dengan cara memalingkan mata kita ke arah tanaman hijau.


Selain itu, mengedipkan mata juga merupakan cara untuk menjaga agar mata tidak kering, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea. Air mata itulah yang akan membuat mata tetap lembab dan jernih. Untuk menjaga agar mata tetap sehat, perbanyak juga konsumsi vitamin A dan jangan memandang terlalu lama dengan pandangan mata yang terlalu dekat ke arah monitor Anda.


Komputer memang berguna untuk memudahkan pekerjaan kita. Namun, kita juga tidak boleh terlalu memaksakan mata kita di depan komputer, karena pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada mata kita. Sesekali istirahatkan mata kita dan jagalah kesehatannya, karena mata sangat berharga bagi kehidupan kita.


(Fanya Jodie/FJ/VBL/Dari Berbagai Sumber)
0 Responses

Posting Komentar

Adsense Indonesia

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan