[+PICT & VID] 5 Macam Jenis Pelangi ( Baru tau kan pelangi ada macamnya :D )

Intro Pelangi/Rainbow :
Yuk Liat gambar pelangi dulu
Spoiler for in:

Spoiler for pict:




Wajib baca setelah liat gambar
Spoiler for in:
Apa Agan benar-benar mengira itu gambar pelangi asli ?
Spoiler for in:

Jika Agan mengira gambar diatas adalah gambar pelangi, Agan...SALAH
Jika Agan mengira gambar diatas palsu/photoshop dengan alasan gambar kurang rapi, Agan...sekali lagi SALAH

Mengapa , yuk kita simak jawaban ada di tengah..




Content:
Quote:
Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan.

Pelangi tidak lain adalah busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Ketika cahaya matahari melewati butiran air, ia membias seperti ketika melalui prisma kaca. Jadi di dalam tetesan air, kita sudah mendapatkan warna yang berbeda memanjang dari satu sisi ke sisi tetesan air lainnya. Beberapa dari cahaya berwarna ini kemudian dipantulkan dari sisi yang jauh pada tetesan air, kembali dan keluar lagi dari tetesan air.
Spoiler for in:

Pembiasan Sinar Matahari

Jawaban gambar :
Spoiler for in:

PERHATIKAN PERBEDAAN 2 GAMBAR



Udah tau perbedaanya ? Ya, Urutan warna. Suatu Pelangi pasti diawali dengan warna merah di lengkung luar dan diakiri warna ungu di lengkung dalam. Hal ini disebabkan perbedaan panjang gelombang pada tiap warna. Dimana dalam pelangi warna merah merupakan yang terpendek. Untuk Lebih Jelasnya, yuk kita lanjut..

Cahaya matahari adalah cahaya polikromatik (terdiri dari banyak warna). Warna putih cahaya matahari sebenarnya adalah gabungan dari berbagai cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Mata manusia sanggup mencerap paling tidak tujuh warna yang dikandung cahaya matahari, yang akan terlihat pada pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Panjang gelombang cahaya ini membentuk pita garis-garis paralel, tiap warna bernuansa dengan warna di sebelahnya. Pita ini disebut spektrum. Di dalam spektrum, garis merah selalu berada pada salah satu sisi dan biru serta ungu di sisi lain, dan ini ditentukan oleh perbedaan panjang gelombang.
Spoiler for gelombang:

Daftar Panjang gelombang warna

Spoiler for spektrum:

Continuous optical spectrum rendered into the sRGB color space



Spoiler for pengamat:



Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi si pengamat harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari dibekalang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.
Macam Pelangi (Baru Tau kan yuk share) :
Quote:
1. Primary Rainbow
Pelangi primer adalah yang biasa kita lihat.Dengan bentuk busur dengan bagian luar berwarna merah dan dan dalam berwarna ungu, yang kita lihat setelah hujan.
Spoiler for prime:

2. Secondary Rainbow
SecondaryRainbows adalah pelangi yang terefleksi dua kali dalam tetes hujan. Pelangi ini memiliki warna terbalik dan muncul di sebelah pelangi primer. Jadi barengan gan.
Spoiler for second:

3. Spurious or Supernumerary bows
Adalah pelangi samar yang kadang-kadang terlihat di sebelah pelangi primer atau sekunder, karena gangguan. Dalam gambar ini Anda dapat melihat Spurious/Supernumerary bows warna biru terang di bawah pelangi primer . (Pelangi yang bawah ada warna biru terang-nya di bagian akir)
Spoiler for sup:

4. Fogbow
Fogbows atau pelangi putih pucat adalah lingkaran cahaya yang terkadang terlihat di awan dan kabut.
Spoiler for fog:



5. Lunar Rainbow
Lunar Rainbow terbentuk ketika bulan memancarkan cahaya putih dimana hujan dapat membiaskan dan mencerminkan ke atmosfer.Cahaya bulan lebih redup daripada matahari jadi pelangi bulan tidak terlalu terang. Ini juga muncul seperti busur putih karena kita kehilangan kepekaan cahaya pada malam hari sehingga tidak dapat membedakan warna.
Spoiler for lunar:



Quote:
Pelangi Lainya:
-Red Rainbow : terjadi saat matahari terbenam,
-SpiderWebRainbows : embun ditutupi jaring laba-laba dapat menampilkan fragmen pelangi.
-SurfBows : hal ini terjadi di pantai.
-GeyserBow : di Yellowstone National Park.
-Mistbows : Anda dapat melihat dari selang yang menyemprotkan air .
Fakta-fakta tentang Pelangi :
Quote:
1. Pelangi bisa membentuk Lingkaran sempurna? YA
Spoiler for circle:




2. Dapatkah Anda berdiri di ujung pelangi?
Agan pasti pernah berpikir untuk mengejar pelangi dan berdiri di ujung nya. Hal tersebut tidak dapat terjadi. Pelangi bukanlah benda fisik. Pelangi adalah sejauh tetes hujan yang membentuknya, dimana hujan dihasilkan oleh awan, saat awan memblokir matahari maka pelangi itu akan hilang dengan cepat.

3. Bagaimana Cara Anda membuat pelangi?
Yang Anda butuhkan adalah banyak sinar matahari dan tetes air. Pergi ke luar pada hari musim panas dengan selang dan nosel di atasnya yang akan menghasilkan semprotan halus dan air spray di udara pada jurusan yang Anda harapkan untuk melihat pelangi. Arah adalah 42 derajat menjauh dari bayang-bayang kepala. Jadi temukan bayangan kepala Anda, letakkan ibu jari Anda di atasnya , gerakan tangan keluar lurus satu lebar, dan itu adalah arah untuk semprotan air. Anda akan melihat pelangi! Semakin rendah matahari semakin mudah. Jika matahari sudah tinggi, Anda akan melihat tanah sebagai latar belakang pelangi, dan memiliki sedikit ruang antara Anda dan tanah untuk menyemprotkan air.

4. Mengapa hanya ada 7 warna dalam pelangi?
Sebenarnya warna pelangi hampir tak terhingga jika Anda ingin terlihat sangat sangat dekat. Namun kita hanya memiliki kata-kata umum khusus untuk 7 dari mereka, dan karena itu umumnya dikenal bahwa pelangi memiliki 7 warna merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Tambahan video buat pelangi aneh :
Spoiler for video:





sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Color
http://id.wikipedia.org/wiki/Pelangi
http://en.wikipedia.org/wiki/Rainbow
http://optics.kulgun.net/Rainbow/rainbow-faq.shtml
http://ffden-2.phys.uaf.edu/211.web....la/page_6.html
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4036490
Label: | edit post
Reaksi: 
0 Responses

Posting Komentar

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan