Wow, Pelajar Berhasil Bukukan Wikipedia




London – Tahun lalu situs ensiklopedi Wikipedia sempat dibuat format buku oleh perusahaan Jerman, Bertelsmann dengan ketebalan sekitar 1000 halaman. Bertelsman sendiri adalah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk media massa.


Dan kini sebuah langkah serupa telah dilakukan, namun hebatnya kali ini diwujudkan oleh perorangan saja. Rob Matthews, seorang pelajar graphic design berusia 22 tahun dari Nroghton, Sussex, Inggris-lah yang sukses melakukan hal ini.


Bayangkan bagaimana ia berusaha sendiri menyeleksi artikel-artikel yang ada di Wikipedia menjadi 437 artikel feature yang ia pandang sebagai yang terbaik yang pernah ditawarkan Wiki, kemudian menjilidnya dan menjadikannya sebuah buku.


“Sungguh sangat sulit memproduksinya, terjadi sedikit percobaan dan kesalahan saat tiba waktunya untuk proses penjilidan, karena aku tidak pernah mencoba untuk membuat buku dengan skala sebesar itu sebelumnya,” ujar Matthew yang dilansir detikINET dari Telegraph, Rabu (17/6/2009).


“Beberapa alat yang biasa digunakan tidak bisa mengatasi hal ini,” tambahnya lagi.


Namun akhirnya berbagai kendala berhasil ia lewati. Sebuah buku Wikipedia dengan 5.000 halaman dan ketebalan yang mencapai lutut kaki orang dewasa sukses diciptakan dalam waktu 2 minggu.


Gara-gara aksinya itu, komentar-komentar positif berhasil dituai Matthew sehingga ia berharap, suatu saat ia bisa menjual buku ‘luar biasa’nya itu.

Label: | edit post
0 Responses

Posting Komentar

Adsense Indonesia

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan