Indonesia Rangking 67 Paling Damai di Dunia

VIVAnews – Institut untuk Ekonomi dan Perdamaian (Institute for Economics and Peace) mengeluarkan indeks perdamaian global atau Global Peace Index (GPI) tahun 2009. Institut tersebut juga mengeluarkan daftar peringkat negara-negara berdasarkan tingkat dukungan terhadap perdamaian.

Seperti dikutip laman berita Malaysia, Bernama, peringkat pertama negara paling damai di dunia adalah Selandia Baru, disusul Denmark, Norwegia, Islandia, dan Austria. Posisi Islandia di urutan keempat adalah kemunduran, sebab, pada tahun sebelumnya negara ini mendapat predikat negara paling damai di dunia.

Di wilayah Asia Pasifik, Malaysia menempati urutan ke 26, kemudian Vietnam menempati rangking 39. Myanmar yang bergolak menempati urutan 126, Thailand 118, dan Filipina peringkat 114. Bagaimana dengan Indonesia? Kabar baik, Indonesia menempati posisi tengah, rangking 67.

Posisi Indonesia bahkan lebih baik dari Amerika Serikat yang menempati posisi 83. Rendahnya indeks keamanan Amerika Serikat dipengaruhi kepadatan penjara-penjaranya dan jumlah anggaran militernya yang luar biasa.

Irak masih menempati negara paling tak damai, dibawah Afghanistan and Somalia.

Setidaknya ada 23 parameter yang digunakan untuk menentukan indeks perdamaian global atau Global Peace Index (GPI) suatu negara, termasuk apakah negara tersebut terlibat peperangan, konflik internal dan eksternal, penghormatan atas hak asasi manusia, angka pembunuhan, dan jumlah orang yang dipenjara.

Perdagangan senjata dan derajat demokrasi juga dijadikan parameter penilaian.

sumber : www.vivanews.com

0 Responses

Posting Komentar

Adsense Indonesia

Blog Archive

Bagaimanakah pendapat Anda tentang Blog saya?

Terima kasih kepada teman teman dan rekan rekan